Jumat, Januari 27, 2023

Gelar Rakerwil, KKDB Diminta Staf Ahli Gubernur Bantu Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Gubernur Papua Lukas Enembe, S.IP, M.H., yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum Setda Provinsi Papua, Triwarno Purnomo, S.STP, M.Si, didampingi Ketua DPW KKDB Provinsi Papua H. Karim dan Ketua Panitia Rakerwil I KKDB Muhammad Akbar, saat menabuh Tifa sebagai tanda dibukanya Kegiatan Rakerwil I DPW KKDB Provinsi Papua Tahun 2022, yang berlangsung di Ballroom Lantai 10 Hotel Mercure, Kota Jayapura, Papua, Sabtu, 26 Februari 2022

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Dalam rangka melahirkan program-program kegiatan atau program kerja yang dapat mendukung kemajuan organisasi dan juga peningkatan pembangunan daerah. Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Kerukunan Keluarga Daerah Barru (KKDB) Provinsi Papua melaksanakan kegiatan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) I Tahun 2022, yang berlangsung di Ballroom Lantai 10 Hotel Mercure, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Sabtu 26 Februari 2022.

Kegiatan Rakerwil I KKDB Tahun 2022 dengan mengangkat tema “Optimalisasi Kualitas dan Solidaritas Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Kerukunan Keluarga Daerah Barru Provinsi Papua dalam Mengembangkan Roda Organisasi” tersebut dibuka secara langsung oleh Gubernur Papua Lukas Enembe, S.IP., M.H., yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum Setda Provinsi Papua Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si.

Triwarno Purnomo dalam sambutannya mengatakan pemerintah daerah menyadari bahwa di dalam pembinaan kerukunan antar umat beragama, kerukunan antar warga yang hidup dan berdampingan secara damai di Tanah Papua itu pemerintah tidak dapat bekerja secara sendiri. Tetapi, pemerintah sangat membutuhkan kemitraan yang sinergis dengan lembaga-lembaga keagamaan, paguyuban-paguyuban kedaerahan, tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat termasuk di dalamnya, itu adalah paguyuban KKDB. Sehingga KKDB memiliki peran yang strategis dalam bermitra dengan Pemerintah Daerah.

“Kami sangat mengharapkan pengurus yang telah terbentuk ini bisa bekerja lebih baik lagi di dalam menyatukan seluruh warga KKDB yang ada di Provinsi Papua serta mempererat silaturrahmi seluruh warga KKDB. Tetapi juga bagaimana bisa menjadi contoh, menjadi teladan yang baik sebagai paguyuban dengan bisa memberikan teladan untuk hidup berdampingan secara damai di Tanah Papua ini,” sebut Triwarno pada pembukaan Rakerwil I DPW KKDB Tahun 2022, Sabtu 26 Februari 2022.

Dirinya mewakili Gubernur Papua menyambut baik adanya kegiatan Rakerwil yang dilaksanakan oleh DPW KKDB Provinsi Papua.

Lebih lanjut Triwarno mengatakan, Pemprov Papua sangat mengapresiasi ketangguhan warga KKDB di Papua, banyak yang telah berhasil dan turut membantu pembangunan di Provinsi Papua. Baik di bidang pemerintahan, legislatif, eksekutif, juga sebagai pelaku usaha, semuanya ada dari warga KKDB.

“Tapi dalam situasi itu, kita juga mengharapkan bahwa masih ada saudara-saudara kita harus dibantu. Oleh karenanya, program-program kerja yang akan disiapkan sangat penting untuk mewadahi dan menyelesaikan persoalan-persoalan seperti ini,” ujarnya menambahkan.

Di akhir sambutannya, Triwarno kembali menyampaikan, bahwa Gubernur Papua Lukas Enembe sangat mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih untuk paguyuban-paguyuban yang ada di Provinsi Papua. Karena paguyuban-paguyuban ini memberikan kontribusi sebagai mitra pemerintah di dalam bersama-sama menjaga keamanan, ketentraman, ketertiban dan mendukung pembangunan di Papua. Sesuai tema kegiatan, “Optimalisasi Kualitas dan Solidaritas Pengurus KKDB Provinsi Papua Dalam Mengembangkan Roda Organisasi”.

Sementara itu di tempat yang sama, Ketua DPW KKDB Provinsi Papua, H. Karim menjelaskan  kegiatan Rakerwil I DPW KKDB Papua ini menjadi agenda yang penting, karena berkaitan dengan penyusunan program-program kerja KKDB selama 5 tahun ke depan.

“Kalau kita tidak laksanakan raker seperti ini, maka kita akan sulit memetakan apa yang harus dilakukan. Nah, ketika sudah ada raker ini, berarti kita menjadikan tolok ukur untuk menjadi panduan untuk kita sama-sama, mulai dari tingkat DPW, DPD dan DPC,” tegas Haji Karim saat menjawab pertanyaan wartawan usai pembukaan Rakerwil I DPW KKDB Papua.

Dirinya menjelaskan, dalam Rakerwil ini akan dibahas program kerja KKDB Provinsi Papua, untuk jangka pendek, menengah dan panjang, termasuk di dalamnya bersinergi dengan program-program pembangunan pemerintah.

“Hal pertama yang akan kami lakukan dalam tahun pertama adalah perbaikan sisi manajemen. Memang sudah berjalan, namun perlu diatur lebih baik lagi melalui menajemen satu pintu, sehingga akan lebih tertib. Kita juga akan upayakan beasiswa bagi pendidikan anak-anak KKDB yang orang tuanya kurang mampu atau bahkan sudah meninggal dunia,” ungkap Haji Karim didampingi Ketua Panitia Rakerwil I KKDB Papua Muhammad Akbar.

“Dengan jumlah warga KKDB yang kurang lebih 22.000 jiwa, saya yakin kita memliki potensi besar dalam bidang ekonomi, politik dan sosial. Tinggal bagaimana kita cara mengemas (kekuatan) ini agar bisa bernilai dan juga diperhitungkan,” ujar pria yang juga Ketua BPD Forum SOPAN Kabupaten Jayapura itu menegaskan.

Untuk itu, Haji Karim berharap agar warga KKDB semakin solid, kompak dan bisa berhasil nyata mencapai apa yang telah diprogramkan dalam Rakerwil ini. Karena banyak program tidak bisa dicapai akibat banyak yang sudah berakhir masa periode kepengurusannya.

“Tidak perlu banyak-banyak program, biar cuma satu atau dua. Tetapi, kita bisa fokus dan kelihatan nyata begitu,” pungkasnya.

Kegiatan Rakerwil I DPW KKDB Provinsi Papua ini juga dihadiri Ketua BPW KKSS Provinsi Papua H. Mansur M., Ketua BPD KKSS Kabupaten Jayapura H. Wagus Hidayat, S.E., S.H., serta para ketua DPD KKDB dari lima kabupaten/kota yang ada di Papua, serta para pengurus DPW KKDB Provinsi Papua.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here