Kamis, Agustus 11, 2022

Gandeng PHRI dan Telkom, Bidang TIK Sub PB PON XX Jayapura Genjot Pelayanan Jaringan Internet

Koordinator Bidang TIK Sub PB PON XX Kluster Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon saat memberikan keterangan usai melakukan pertemuan bersama PHRI, Telkomsel, PT Telkom Indonesia dan Balmon di ruang rapat Diskominfo Kabupaten Jayapura.

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sub PB PON XX Kluster Kabupaten Jayapura terus menggenjot kesiapan jelang pelaksanaan PON XX.

Salah satu agenda penting dari kesiapan Bidang TIK tersebut adalah ketersediaan jaringan internet dan fasilitas cctv yang akan digunakan di setiap hotel maupun restoran di dalam pelaksanaan PON XX.

Terkait tujuan itu, Bidang TIK Sub PB PON XX tengah bekerjasama dengan beberapa pihak diantaranya dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Jayapura, Telkomsel, PT Telkom dan Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio (Balmon).

Koordinator Bidang TIK Sub PB PON XX Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon mengatakan bahwa agenda yang yang akan ditindaklanjuti adalah hasil survei yang dilakukan sebelumnya terkait layanan jaringan internet di setiap venue maupun hotel.

Selain itu juga pihaknya saat ini fokus untuk memastikan layanan jaringan seluler jelang pelaksanaan PON XX dengan pihak terkait dan fasilitas cctv di setiap hotel dan restoran untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi para tamu.

“Selain itu untuk memberikan kenyamanan kepada setiap warga dan tamu kita maka kita juga akan menindaklanjuti pertemuan ini dengan PHRI untuk melakukan survei lagi ke setiap hotel dan restoran terkait pemasangan cctv online dan lain sebagainya jelang PON XX,” terang Gustaf Griapon di ruang rapat Diskominfo Kabupaten Jayapura, Kamis (19/7/2021).

Terkait kesiapan itu, Ketua PHRI Kabupaten Jayapura mengatakan untuk jumlah hotel dan restoran yang telah disiapkan di Kabupaten Jayapura sebanyak 30 hotel dengan total kamar mencapai 918 kamar.

Namun, dari 30 hotel tersebut masih didominasi oleh hotel non bintang atau biasanya disebut hotel Melati, yang mana sampai saat ini hampir seluruhnya telah menggunakan jaringan internet. PHRI juga terus berupaya untuk dapat memberikan pelayanan terbaik dengan melengkapi setiap hotel dengan fasilitas cctv.

“Memang masih ada beberapa hotel non bintang yang belum menggunakan jaringan internet tetapi sudah kita arahkan untuk segera melengkapi kekurangan itu jelang PON XX,” Ungkapnya.

Sementara itu, Arsyam Amin, perwakilan dari Telkomsel mengatakan jaringan internet di setiap hotel dan restoran sudah sangat baik, namun masih ada yang belum maksimal sehingga akan ditindaklanjuti sehingga benar-benar maksimal.

Dikatakan, selain hotel dan restoran pihaknya juga tengah memaksimalkan kekuatan jaringan internet di beberapa venue PON untuk memberikan pelayanan terbaik selama PON XX berlangsung.

“Sudah kami survei dan ada yang sudah mencapai 75 mb (megabyte-read) saat mendownload dan upload bisa sampai 40 mb dan kami akan tetap tindaklakuti sehingga lebih maksimal nantinya,” tandasnya.

Share to

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here