Senin, Agustus 8, 2022

Fix, 17 Cabor Akan Ikuti PORKAB II Kabupaten Jayapura

Ketua Umum KONI yang juga Bupati Jayapura Mathius Awoitauw didampingi Ketua PB Porkab II Kabupaten Jayapura Ruddy Bukanaung, Ketua Harian KONI Kabupaten Jayapura Korneles Yanuaring dan Sekda Kabupaten Jayapura Dra. Hana S. Hikoyabi, ketika memimpin rapat umum akhir jelang pelaksanaan Porkab II, yang berlangsung di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura. (Selasa, 5 Juli 2022)

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Sebanyak 17 cabang olahraga (Cabor) siap mengikuti Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) II yang akan digelar sejak 8 Juli 2022 mendatang. Sedangkan 6 cabang olahraga yang lain belum dapat mengikuti kegiatan akbar yang akan dilakukan di kabupaten berjuluk Bumi Kenambai Umbai ini.

Mathius Awoitauw Ketua Umum KONI Kabupaten Jayapura mengatakan, Cabor yang tidak mengikuti Porkab II, karena cabang olahraga mereka belum siap untuk mengikuti event olahraga terakbar di Kabupaten Jayapura, atau tidak tersebar di beberapa distrik.

“Enam (6) Cabor tidak ikut (Porkab) itu, karena mungkin belum siap. Syarat mengikuti Porkab, Cabor tersebut minimal harus memiliki perwakilan dari lima (5) distrik yang akan dipertandingkan nanti,” kata Mathius Awoitauw ketika dikonfirmasi wartawan di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa 5 Juli 2022 sore.

Sebagai bentuk keseriusan pelaksanaan Porkab II 2022, Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) II bersama KONI Kabupaten Jayapura menggelar rapat umum akhir jelang pelaksanaan Porkab II di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Rapat tersebut dilakukan bersama koordinator bidang-bidang dalam kepanitiaan, kontingen distrik, sejumlah pimpinan-pimpinan OPD, Kepala-kepala Distrik se- Kabupaten Jayapura, serta belasan Cabor yang akan mengikuti Porkab guna membagi tugas dan menentukan anggaran yang dibutuhkan.

Lebih lanjut Mathius Awoitauw yang juga Bupati Jayapura ini mengatakan, dari 23 Cabor yang telah ditetapkan dari awal itu hanya 17 Cabor yang akan mengikuti Porkab II Kabupaten Jayapura tahun 2022.

“Yes, 17 Cabor dengan semua ofisial ditambah dengan panpel dan atlet itu bisa sampai dengan 2.500-an peserta yang akan mengikuti Porkab,” kata pria yang juga Bupati Jayapura dua periode tersebut.

Ketika ditanya terkait belum adanya perhatian (dukungan) dari KONI Papua, Mathius membenarkan bahwa hingga saat ini KONI Papua belum memberikan dukungan terhadap pelaksanaan Porkab II Kabupaten Jayapura tahun 2022.

“Nanti langsung tanyakan ke KONI Papua, yang jelas sampai saat ini KONI Papua tidak bantu Porkab II Kabupaten Jayapura. Padahal, kita di Kabupaten Jayapura itu penyumbang atlet terbanyak setiap PON. Tetapi, juga penyumbang medali terbanyak untuk kontingen Provinsi Papua dalam setiap ajang olahraga terbesar di Indonesia,” tegasnya.

“Jadi, Pemerintah Provinsi Papua harus bantu, juga harus apresiasi, kasi spirit lah dan kasi semangat lah, begitu kan bagus. Sudah ada surat pengajuan dari kami ke KONI,” kelakar Mathius menambahkan.

Lanjut Orang Nomor Satu di Kabupaten Jayapura ini juga menerangkan, terkait anggaran berasal dari bantuan hibah KONI Kabupaten Jayapura, Pemerintah Kabupaten Jayapura dan juga bantuan dari sponsorship Bank Papua, serta ada bantuan pribadi dari Bahlil Lahadalia.

“Kalau untuk dana Porkab totalnya inikan, jika dihitung kasar itu sekitar 16 miliar rupiah, jadi itulah proposal mereka. Tapi, kita tidak bisa penuhi semuanya. Kemudian, untuk alokasi anggaran Porkab itu sebesar Rp. 9.350.000.000, yang berasal dari sumbangan pribadi pak Bahlil Lahadalia sebesar 100 juta rupiah, kemudian 250 juta rupiah itu berasal dari sponsorship Bank Papua, 1 miliar rupiah itu dari bantuan hibah KONI Kabupaten Jayapura dan 8 miliar itu dari pemerintah daerah,” terangnya.

Sebelumnya, puluhan cabang olahraga (Cabor) resmi ditetapkan yang akan dipertandingkan pada Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) II Kabupaten Jayapura Tahun 2022, yang akan berlangsung 8-18 Juli 2022, dipusatkan di Kota Sentani dan sekitarnya.

Namun berdasarkan hasil dari rapat umum terakhir yang digelar oleh PB Porkab II Kabupaten Jayapura bersama KONI Kabupaten Jayapura, koordinator bidang-bidang dalam kepanitiaan dan Cabor itu diketahui hanya ada 17 Cabor yang akan mengikuti Porkab II Kabupaten Jayapura Tahun 2022.

Share to

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here