Sabtu, April 13, 2024

Es Krim Coklat Dari Genyem Turut Meriahkan KMAN VI

Ms. Akiko Tsuru dengan Es Krim Coklatnya

Sentani, MC KMAN VI – Untuk memeriahkan KOngres Aliansi Masyarakat Adat Nusantara ke VI yang diselenggarakan di  Tanah Tabi, Kabupaten Jayapura, maka PT Kakao Kita Papua turut berpartisipasi dengan meluncurkan produk unggulannya, berupa es coklat dengan bahan dasar coklat asal Genyem.  Es coklat ini memiliki cita rasa yang berbeda dari kebanyakan es krim coklat lainnya.

Manejer pemasaran, PT Kakao Kita Papua, Akiko Tsuru  menjelaskan tentang bahan pembuatan es krim yang dijual ini terbuat dari bahan biji coklat. Es krimnya di produksi di Kotaraja.

Bahan dasarnya diperoleh dari Kebun rakyat di wilayah Pembangunan III Kabupaten Jayapura, yakni daerah lembah Grime.

Sementara bahan coklat lainnya dikirim ke Jepang untuk dibuat produk olahaan lainnya.

Bahan Es krim yang terdiri dari  biji coklat ini pada dasarnya merupakan gagasan dari almarhum Decky Rumaropen, sesepuh pegiat NGO di Tanah Papua. Apalagi sejak 2012 dibawa Yayasan Pengembangan Masyarakat Desa (YPMD) rakyat di daerah tersebut diajak untuk menanam coklat demi masa depannya.

Menurut  Akiko,”PT. Kakao Kita Papua membeli biji coklat dari masyarakat di kampung-kampung yang ada di wilayah Genyem, Kabupaten Jayapura. Dan kemudian diolah menjadi es krim seperti ini,”sambil menunjuk bentuk es krim coklat.

“Kita tetap akan terus melanjutkan konsep  Decky dengan membeli biji coklat dan memasarkan ke Jepang. Di Jepang,  mereka tetap jual dengan nama “Coklat Papua.

Sumber: MC KMANVI Kab. Jayapura

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here