Kamis, Mei 23, 2024

Dukungan Pemerintah Dikelola Baik, Pj Bupati Triwarno Apresiasi Pokdakan Obhobu Berhasil Panen 5.000 Lele

Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si melakukan panen perdana ikan lele dari Kelompok Pembudidaya Ikan Obhobu yang berada di Dusun Nhobobo, Kampung Nolokla, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua. Jumat, 19 April 2024

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si melakukan panen perdana ikan lele dari Kelompok Pembudidaya Ikan Obhobu yang berada di Dusun Nhobobo, Kampung Nolokla, Distrik Sentani Timur, Jumat, 19/04/2024.

Panen perdana ikan lele yang dilakukan Pj Triwarno mengaku sangat bangga dengan hasil budidaya ikan lele oleh Kelompok Budi Daya Ikan Obobhu dalam program peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang menggunakan Dana Otonomi Khusus (Otsus) tahun 2023.

“Ya kita berada di Dusun Nhobobo, Kampung Nolokla bersama Kepala Distrik Sentani Timur, Plt. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, juga ada Plt. Kepala Dinas TPH, ada beberapa Kepala Distrik juga ikut hadir, para Ondofolo, Kepala Suku dan masyarakat di sekitar Dusun Obobhu untuk melakukan panen perdana secara simbolis,” paparnya.

Ini perlu diapresiasi dan mengucapkan terima kasih serta bangga. Karena di bulan Oktober 2023 lalu, kami telah menyerahkan bantuan ikan, waring dan pakan kepada 48 warga pembudidaya ikan yang ada di tujuh kampung di Distrik Sentani Timur dan bulan April ini, di Dusun Obobhu, secara simbolis melakukan panen perdana.

“Bisa kita lihat, dengan keuletan dan juga ketekunan, serta kesabaran yang sangat luar biasa dari kelompok-kelompok pembudidaya ikan di tujuh kampung yang ada di Distrik Sentani Timur. Kita bisa melakukan panen perdana secara bersama-sama dengan hasil yang sangat luar biasa,” ucapnya.

Untuk pemasarannya tidak usah dikhawatirkan, pasarnya sudah siap dan itulah yang sangat membahagiakan kita semua.

“Kami harap budidaya ini bisa dikembangkan oleh kampung-kampung lain di Kabupaten Jayapura. Apapun yang diinisiasi pihak distrik dapat memberikan nilai produktif bagi masyarakat. Semoga ini bisa bermanfaat buat kelompok pembudidaya ikan, juga buat keluarga dan masyarakat di Distrik Sentani Timur,” harapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Obhobu Sutran Suangburaro menyampaikan, budidaya ikan lele ini mampu menghasilkan 5.000 ikan lele konsumsi dan ikan lele tersebut siap dijual untuk masyarakat.

Kami dari kelompok Obhobu menyampaikan terima kasih di acara panen perdana ini, karena mendapat dukungan dari Distrik Sentani timur.

“Terlebih kepada Pj Bupati Triwarno yang bisa hadir, untuk kita melakukan panen perdana ikan lele secara simbolis,” ujarnya.

Untuk bibit lele yang di sebar sebanyak 5000 bibit ikan lele yang ditebar pada bulan Oktober 2023 dan sudah dilakukan panen perdana.

Kami harapkan ke depannya pihak pemerintah juga masih bisa mendukung kelompok pembudidaya ikan yang ada di distrik ini. Karena perdana ini kita jalan masih banyak kendala yang juga dihadapi.

“Hadirnya Pj Triwarno bisa melihat secara langsung apa yang menjadi kekurangan yang kita hadapi selama ini, sehingga ke depannya kita lebih baik dalam pengembangan kelompok budidaya ikan ini,” tambahnya.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here