Kamis, Agustus 18, 2022

Dubes Jepang Apresiasi Pengalaman Kerja LSM Bupati Mathius

Dubes Jepang, Kanasugi Kenji foto bersama Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si saat diberikannya apresiasi dan penghormatan.

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji memberikan apresiasi dan penghormatan kepada Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si atas pengalaman kerjanya selama ini di dunia Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) sebelum dipercayakan masyarakat sebagai Bupati dua periode. Apresiasi ini dilontarkan Kanasugi Kenji mengawali pembicaraannya pada pertemuan bersama Bupati Jayapura dan unsur Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura yang berlangsung di ruang VIP Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah Sentani.

“Saya ucapkan penghormatan kepada Bupati Jayapura yang pernah lama bekerja di LSM sebelum menjabat sebagai Bupati,” ujarnya dalam bahasa Jepang lewat penerjemah yang mendampinginya.

Ia juga mengucapkan rasa terima kasih dan penghargaannya atas sambutan Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam agenda pertamanya berkunjung ke Provinsi Papua, di mana setibanya dari bandara Sentani langsung menyambangi Kantor Bupati Jayapura dan mengikuti pertemuan bersama unsur pemerintah yang ada. Dikatakan kunjungan kerja Dubes Jepang kali ini berkaitan dengan program kerja yang sudah diagendakan ke Provinsi Papua, di antaranya melalui Unicef maupun kerja sama langsung dengan Pemerintah Daerah di sektor pendidikan dan kesehatan, serta sektor-sektor lainnya. Sambil mengacungkan jempolnya mengapresiasi pula penjelasan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw terkait dengan kebijakan implementasi Otsus Papua yang dituangkan dalam bentuk program dan kegiatan strategis. Hal itu setelah mendengar penjelasan Bupati Jayapura mengenai kebijakan implementasi Otsus salah satunya proyeksi tentang ruang-ruang kelolah tanah dan masyarakat adat.

“Kepastian hak masyarakat adat sudah dilakukan, adanya kampung-kampung adat, serta perlindungan terhadap masyarakat hukum adat, juga model distrik sebagai pusat pelayanan pembangunan dan ini sudah jadi program nasional. Kami dapat informasi bahwa model seperti ini juga diterapkan di Jepang,” kata Bupati Mathius.

Untuk itu, kerja sama seperti ini yang sudah berjalan baik terus dipertahankan, dan diharapkan warga negara Jepang bisa datang berkunjung ke Kabupaten Jayapura secara rutin sebagai daya tarik pariwisata Kabupaten Jayapura.

Share to

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here