Minggu, Januari 29, 2023

Disbunnak Kabupaten Jayapura Siapkan Stok Daging dan Telur Selama KMAN VI 2022

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Jayapura, Ir. H. Sambodo Samiyana, M.Si

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Jayapura menyiapkan stok daging sapi dan ayam, serta telur milik masyarakat peternak di sejumlah wilayah yang ada di Kabupaten Jayapura dalam rangka mendukung pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI di Wilayah Adat Tabi, Provinsi Papua pada tanggal 24-30 Oktober 2022 mendatang.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Jayapura, Ir. H. Sambodo Samiyana, M.Si., ketika dikonfimasi sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Selasa, 11 Oktober 2022. Pria yang akrab disapa Doddy ini juga mengatakan, bahwa untuk ketersediaan stok daging sapi, ayam dan telur di Kabupaten Jayapura menjelang pelaksanaan KMAN VI Tahun 2022 ini dalam kondisi yang mencukupi.

Menurut Doddy, sejak beberapa bulan lalu pihaknya sudah mengumpulkan para peternak dalam rangka menyiapkan hewan ternak mereka, yang nantinya dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi para peserta kongres masyarakat adat selama mengikuti rangkaian kegiatan sarasehan KMAN VI di Kabupaten Jayapura.

“Mendekati pelaksanaan KMAN keenam ini, pihak panitia dalam hal ini bidang konsumsi telah meminta kepada kami untuk menyiapkan kebutuhan konsumsi antara lain daging sapi, daging ayam dan juga telur. Sesuai perhitungan kami, stok yang ada di tingkat peternak itu sudah mencukupi,” tuturnya.

Dirinya mencontohkan, jika kebutuhan daging per orang 100 gram, berarti disiapkan 500 kilogram daging. “Itu sama dengan 5 ekor sapi, untuk satu kali makan. Dan itu bisa kami penuhi,” ujarnya.

Begitu pun kebutuhan daging ayam, stok ayam potong di Kabupaten Jayapura, dikatakannya masih bisa memenuhi kebutuhan konsumsi peserta, dengan asumsi kebutuhan antara 600-700 ekor per sekali masak. Bahkan untuk 1.000 ekor pun masih bisa dipenuhi karena stok yang tersedia masih cukup.

“Sementara untuk telur ayam, produksi kita sekitar 14.000 butir perhari. Jadi, masih bisa kita tanggulangi,” kata mantan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura ini menambahkan.

Dikatakan pula, untuk kebutuhan bidang konsumsi sangat aman, karena selain stok daging dan telur, juga ada ikan yang sudah diantisipasi dinas terkait.

“Kita juga sudah berkoordinasi dengan Himpunan Pelaku Usaha Peternakan di daerah ini, jadi nanti mereka yang siapkan. Untuk kebutuhan daging, nanti tanggal 22 Oktober itu mereka sudah mulai potong sapinya,” ungkap Doddy yang juga Anggota Bidang Konsumsi KMAN VI 2022.

Dodi Samiyana yang juga Ketua Ngayogyakarto Papua ini menyebutkan, semua kebutuhan daging, ayam dan telur, semua itu akan disiapkan langsung oleh para pelaku usaha di Kabupaten Jayapura, seperti dari Nimboran, Nimbokrang, Namblong dan sekitarnya.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here