Senin, Agustus 8, 2022

Dinas Kominfo MoU dengan STIMIK Umel Mandiri Dukung Program MBKM dan Industri 4.0

Nampak proses penandatanganan nota kesepahaman atau MoU antara Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon, S.T., dengan Wakil Ketua I Bidang Akademik STIMIK Umel Mandiri Nurain Banyal, S.T., M.Kom

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Jayapura menandatangani nota kesepahaman atau MoU dengan Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer (STIMIK) Umel Mandiri di ruang rapat Kantor Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Lantai II Kompleks Perkantoran Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu 25 Mei 2022.

Penandatanganan tentang pelaksanaan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, serta peningkatan kualitas sumberdaya manusia untuk mendukung industri 4.0 dan program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) itu dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon, S.T., bersama Wakil Ketua I Bidang Akademik STIMIK Umel Mandiri Nurain Banyal, S.T., M.Kom.

“Kami menggandeng Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, untuk memberikan ruang kepada mahasiswa kami yang akan melakukan PKL setelah mereka masuk di semester 6 (enam). Mereka itu harus ada (lakukan) PKL dan mereka juga nanti akan menerima bimbingan langsung dari Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura saat melakukan PKL. Selain mahasiswa, ini juga merupakan Tridharma perguruan tinggi untuk dosen,” terang Nurain Banyal ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan usai penandatanganan nota kesepahaman atau MoU tersebut.

Selanjutnya Nurain Banyal mengatakan, kerjasama atau MoU dengan Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura untuk memfasilitasi mahasiswa saat melakukan PKL nanti dan juga Tridharma perguruan tinggi.

“Kita kerjasama dengan Dinas Kominfo ini untuk fasilitasi mahasiswa yang akan PKL dan Tridharma perguruan tinggi,” ujarnya.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon, S.T., mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk meneruskan sinergi dengan perguruan tinggi, dan ini bukan pertama kali berkolaborasi dengan STIMIK Umel Mandiri.

“Jadi, 5 (lima) tahun lalu kami telah bekerjasama dengan STIMIK Umel Mandiri dan ini yang ketiga kalinya untuk perpanjangan kerjasama dengan STIMIK Umel Mandiri. Setiap 5 (lima) tahun diperbarui kembali kerjasama tersebut,” jelas Gustaf Griapon ketika dikonfirmasi wartawan usai penandatanganan nota kesepahaman atau MoU tersebut.

“Hari ini kami dari Dinas Kominfo lakukan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU dengan Sekolah Tinggi manajemen Ilmu Komputer (STIMIK) Umel Mandiri tentang pelaksanaan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, serta peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia untuk mendukung industri 4.0 dan program merdeka belajar kampus merdeka atau MBKM,” sambungnya.

Gustaf menyebutkan, “Pada prinsipnya, kami dari Dinas Kominfo sangat terbuka dan Dinas Kominfo menjadi rumah bersama untuk siapa saja yang mau melakukan kolaborasi penyebarluasan informasi. Bahkan, kegiatan-kegiatan pemberdayaan TIK di wilayah Kabupaten Jayapura,”.

Lewat kebijakan Bupati Jayapura, kata Gustaf, Dinas Kominfo sudah membangun ruang lab komputer di Distrik Nimboran. Hal itu juga bagian dari kerja-kerja pengabdian kampus, yang akan berkolaborasi dengan komunitas TIK, Pemantik maupun relawan TIK, serta teman-teman dari pihak akademisi bisa membantu Dinas Kominfo.

“Apalagi, program kampus merdeka merdeka belajar ini sudah langsung betul-betul nyata ada di tingkat bawah,” tukasnya.

Kerjasama IT yang telah dilakukan Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura dengan perguruan tinggi negeri maupun swasta itu diantaranya, Universitas Cenderawasih, USTJ, Universitas Muhammadiyah Papua, Universitas Yapis Papua, STIE Otto Geisler serta SMA/SMK dan BLK.

“Jadi, itu sudah sering kita lakukan kerjasama dengan teman-teman perguruan tinggi. Bukan hanya khusus yang TIK saja, tetapi komunikasinya juga sama-sama dengan kami,” pungkas Gustaf Griapon.

Share to

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here