Kamis, Agustus 18, 2022

Buka Lapangan Kerja, Pemdis Sentani Timur Akan Bangun BLK Distrik

Kepala Distrik (Kadistrik) Sentani Timur, Eslie Suangburaro, S.H.

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Pemerintah Distrik (Pemdis) Sentani Timur berencana membangun BLK Distrik Sentani Timur. Hal ini bertujuan untuk membuka lapangan kerja bagi generasi muda yang ada di Distrik Sentani Timur.

Demikian dikatakan Kepala Distrik (Kadistrik) Sentani Timur, Eslie Suangburaro ketika dikonfirmasi wartawan media online ini di Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa 5 April 2022.

“Saya mau bangun BLK Distrik seperti yang ada di provinsi itu,” katanya.

BLK Distrik Sentani Timur ini nantinya bekerja sama dengan BLK Provinsi Papua, yang lokasinya atau bengkel kerjanya direncanakan akan dibangun tepat di samping Kantor Distrik Sentani Timur.

Lanjut Eslie Suangburaro mengatakan, rencana ini sudah dijajaki pihaknya dengan BLK Provinsi Papua. Hal ini juga mendapatkan dukungan dan respon yang sangat positif dari pihak BLK Provinsi Papua.

“Tujuannya, ketika anak-anak yang kita bina ini nantinya bisa mandiri dan mereka bisa kerja menghasilkan uang dari situ. Saya melihat ada peluang di situ,” ujarnya.

Untuk BLK Distrik ini, kata Eslie, hanya menghadirkan pelatihan bidang las listrik dan juga mebel.  Dua bidang ini, menurutnya, sudah sesuai dengan kebutuhan dan peluang yang bisa digarap oleh anak-anak muda yang ada di Distrik Sentani Timur.

Menurutnya, sebelum memilih 2 bidang keterampilan ini, pihaknya sudah terlebih dahulu mengkaji dan melihat kebutuhan pelatihan keterampilan yang bisa memberikan peluang pendapatan secara ekonomi bagi anak-anak muda di wilayah itu.

“Kami melihat yang lalu-lalu pernah ada kegiatan seperti ini juga. Mereka dilatih untuk membuka bengkel, kemudian dikasih peralatan kerja, tapi gagal. Kenapa gagal, pendampingan dari yang memberikan pelatihan itu tidak berjalan. Makanya yang saya buat ini, ada ruang pelatihan di situ, kemudian mereka juga diberi teori dan langsung praktek,” ungkapnya.

Pembiayaan kegiatan ini akan memaksimalkan dana Otonomi Khusus (Otsus) yang sejauh ini akan digulirkan oleh pemerintah.

Dia juga mengatakan, upaya pihaknya melakukan pemberdayaan terhadap anak-anak muda ini sebagai bentuk implementasi kehadiran pemerintah di wilayah distrik. Selain itu, program ini juga dianggap sebagai salah satu program yang tepat setelah dilakukan evaluasi terhadap kegiatan sebelumnya salah satunya terkait dengan pemberian bibit perikanan bagi masyarakat di kawasan danau Sentani yang berada di daerah Distrik Sentani Timur itu.

“Ada bibit ikan yang dikasih, terus ada keramba. Kalau saya melihat itu gagal. Karena ada kecemburuan di antara masyarakat yang dapat bantuan dan juga yang tidak. Kadang ada kasus yang orang malam-malam potong jaring dan ikannya keluar. Ini artinya, tidak ada manfaatnya,” katanya.

Share to

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here