Senin, Agustus 8, 2022

Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gelar Pelatihan VSAT Internet dan Instalasi Jaringan

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon, S.T., didampingi Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Internet Komunitas Erni Sulistyawati, Ketua Pemantik Kabupaten Jayapura Obed Kromsian dan Direktur Pengelola Command Room Gustaff Hariman Iskandar, ketika menggelar konferensi pers di Media Center Kabupaten Jayapura, Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (19 April 2022)

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Jayapura berencana menggelar pelatihan VSAT Internet dan Instalasi Jaringan pada Rabu 20 April 2022 yang dipusatkan di Kantor PT. Pasifik Satelit Nusantara (PSN), Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua.

Pelatihan TOT instalasi jaringan VSAT Internet tersebut bagi anak-anak muda asli Kabupaten Jayapura yang tergabung dalam Pace Mace Admin Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pemantik) Kabupaten Jayapura berjumlah 15 orang.

“Pelatihan Internet dan instalasi jaringan untuk anak-anak asli Papua asal Kabupaten Jayapura yang tergabung di dalam komunitas Pace Mace Admin TIK atau Pemantik. Ada 15 orang peserta yang akan ikut pelatihan TOT besok di kantor PT. Pasifik Satelit Nusantara (PSN) di Abepura,” kata Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, S.T., ketika memberikan keterangan pers di Media Center Kabupaten Jayapura, Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa 19 April 2022.

Sementara itu, Erni Sulistyawati selaku Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Internet Komunitas menambahkan, bahwa sekolah internet komunitas itu merupakan gabungan stakeholder dari Dinas Kominfo dan rekan-rekan Pemantik.

“Kami dalam hal ini Sekolah Internet Komunitas mempunyai kegiatan yang fokus pada pelatihan dan pendampingan. Sekolah internet komunitas yang ada di Papua itu, kami fokus di kegiatan pelatihan VSAT Internet dan jaringan instalasi,” jelasnya.

“Jadi, kegiatan yang akan kami lakukan di Papua itu berlangsung selama dua hari. Yakni, di hari pertama itu kegiatan pelatihan jaringan untuk distribusinya, kemudian di hari keduanya itu adalah kegiatan VSAT Internet,” tambah Erni demikian sapaan akrabnya.

Di Papua, kata Erni, sekolah internet komunitas bersama Pemantik selaku koordinator yang ada di wilayah.

“Untuk kegiatan TOT nya itu, tidak terhenti pada saat ini saja. Tetapi, setelah kegiatan TOT nya selesai akan dilanjutkan dengan kegiatan TOT oleh ketua Pemantik dengan anggota komunitas Pemantik Kabupaten Jayapura,” katanya.

Senada dengan itu, Ketua Pemantik Kabupaten Jayapura Obed Kromsian mengatakan, peserta yang akan terlibat dalam pelatihan ini dari Pace-Mace Admin Teknologi informasi dan Komunikasih (PEMANTIK) Kabupaten Jayapura yang telah terdata dan aktif selama ini.

“Terkait dengan kegiatan pelatihan besok, peserta yang kami libatkan itu sebanyak 15 orang dan semuanya berasal dari kampung. Jadi, anak-anak asli Kabupaten Jayapura dari kampung yang kami libatkan, untuk mereka bagaimana belajar merakit VSAT dari awal hingga selesai, dan juga lakukan konektivitas dengan internet,” ujarnya.

Untuk itu, Obed mengapresiasi rencana pelatihan tersebut, dan ini suatu langkah maju agar penyebarluasan informasi dapat diakses dengan baik oleh masyarakat di kampung-kampung maupun di distrik yang ada di Kabupaten Jayapura.

“Kami apresiasi rencana pelatihan VSAT Internet tersebut, sehingga penyebarluasan informasi ini dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat di Kabupaten Jayapura,” ucapnya.

Share to

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here