Jumat, September 30, 2022

Bahas Berbagai Hal, Bupati Jayapura Gelar Coffee Morning dengan Wartawan

Suasana Coffee Morning antara Bupati Jayapura Mathius Awoitauw dengan wartawan di Resto Hotel Suni Garden Lake Sentani. (Selasa, 28 Juni 2022)

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Bupati Jayapura Mathius Awoitauw menggelar coffee morning bersama insan pers yang bertugas di Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa 28 Juni 2022.

Coffee morning yang digelar di Hotel Suni Garden Lake Sentani ini terpantau puluhan wartawan media cetak, media online dan elektronik hadir dalam kegiatan tersebut, seperti Cenderawasih Pos, lintaspapua.com, semuwaberita.com, pasifikpos.com, kabarpapua.com, kilaspapua.co, Journal News, para-paratv.id, papuatoday.com, tajukpapua.com, TVRI, RRI Jayapura, Radio Kenambai Umbai (RKU), Radio Bahana Sangkakala (RBS), portalpapua.pikiranrakyat.com, Jaya Tv, I News Tv,  jayapurapos.com dan tribunpapua.com.

Kegiatan digelar tentu bukan sekedar ngopi biasa, tapi juga berdialog menyangkut kerjasama Pemkab Jayapura, dengan para insan pers tersebut. Puluhan wartawan yang hadir itu selain membahas kerjasama, juga membahas berbagai hal seperti keluhan-keluhan yang dihadapi para awak media saat mencari informasi di lapangan dan beberapa event yang akan diselenggarakan di Kabupaten Jayapura.

“Ya, kita ngopi-ngopi sambil diskusi santai. Siapa yang ingin sampaikan masukan, saran dan juga keluhannya. Jadi, inti dari kegiatan ini untuk meningkatkan sinergitas antara insan media dan Pemerintah Kabupaten Jayapura,” kata Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, ketika mempersilahkan para wartawan untuk menyampaikan keluhan-keluhan maupun saran-saran dari rekan-rekan media.

Silaturrahmi sekaligus dialog menjadi topik pertemuan ini. Media massa, sebagai sarana pendukung untuk menyukseskan berbagai event yang akan diselenggarakan nanti di Bumi Kenambai Umbai seperti Porkab II, Kongres MAN ke-VI, Kebangkitan Masyarakat Adat (KMA) ke-IX dan Festival Danau Sentani (FDS) ke-XII.

“Media online ini menjadi kekuatan informasi saat ini untuk menyebarluaskan berbagai event yang akan diselenggarakan nanti di daerah ini,” ujarnya.

Ke depan, acara yang sama diharapkan lebih sering diadakan tujuannya untuk kemajuan dan pembangunan Pemerintah Kabupaten Jayapura.

“Saya apresiasi wartawan yang terus bekerja dalam mendukung kinerja pemerintah, juga bisa sebagai media informasi publik yang terpercaya, akurat dan berimbang. Karena publikasi merupakan bagian dari pembangunan,” paparnya.

“Karena kita tidak terlepas dari peranan pers. Maka dari itu sinergitas antara pemerintah dan insan pers sangatlah dibutuhkan,” cetuss Bupati Jayapura dua periode ini menambahkan.

Berikut saran dan masukan dari para awak media ke Bupati Jayapura, terkait keterbukaan informasi dari setiap OPD dalam hal ini pimpinan Perangkat Daerah (PD) yang sulit diperoleh wartawan saat berada di lapangan yakni, Dinas Pendidikan, Dinas P2KP, Dinas TPH, Disperindag, Dinas Sosial, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), serta Dinas PUPR.

Kemudian, ada permintaan dari wartawan terkait setiap kegiatan Bupati Jayapura baik di dalam maupun di luar daerah wajib mengikutsertakan wartawan dan bagian kehumasan juga dapat membackup dengan data serta informasi pendukung lainnya. Juga ada masukan dari wartawan terkait tagihan-tagihan iklan yang belum diselesaikan dari tahun lalu dan juga nilai kerjasama media yang biayanya dianggarkan Pemda ke sejumlah media dianggap rendah.

Terkait saran dan masukan tersebut, Mathius menyampaikan bahwa dirinya akan menindaklanjutinya dengan secepatnya.

“Kalau terkait OPD, saya akan coba untuk komunikasi dulu dengan OPD yang bersangkutan dan saran dari wartawan ini saya akan jawab langsung,” pungkas Bupati Jayapura dua periode ini.

Turut hadir Ketua FKUB Kabupaten Jayapura Pdt. Alberth Yoku, S.Th, Ketua BPD Hipmi Kabupaten Jayapura Nelson Yohosua Ondi, Kabag Umum Setda Kabupaten Jayapura Demas A. Worumi dan Kasubbag Protokoler Setda Kabupaten Jayapura Michael Yewi.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here