Senin, Agustus 8, 2022

Anak Muda Kabupaten Jayapura Siap-Siap, Pendaftaran Duta Wisata Yauw Enggo Dibuka Besok

Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Putra dan Putri Pariwisata Yauw dan Enggo I Tahun 2022, Ny. Enauche Puraro Awoitauw

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Pemilihan Putra dan Putri Pariwisata Kabupaten Jayapura 2022 atau disebut sebagai Pemilihan Yauw dan Enggo 2022, pendaftarannya mulai dibuka besok 20 Mei – 15 Juni 2022 oleh Panitia Pelaksana Pemilihan Putra-Putri Pariwisata Kabupaten Jayapura Yauw dan Enggo di Uce Salon, Jalan Raya Sentani Kemiri, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, tepatnya di samping Pertigaan Traffic Light (Lampu Merah) Pasar Lama Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

Kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan di Bumi Kenambai Umbai ini direncanakan pada 25 Juni 2022 yang diawali dengan pra event pameran UMKM dari Perempuan Kreatif dan Pemuda Kreatif pada 22 – 25 Juni 2022. Melalui kegiatan ini diharapkan menghasilkan putra dan putri pariwisata terbaik sebagai duta dalam mempromosikan kekayaan wisata dan budaya di Kabupaten Jayapura.

Pemilihan Yauw dan Enggo Kabupaten Jayapura 2022 ini juga bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kali ini mengambil tema, “Raih Prestasi Wujudkan Impian Menjadi Duta Pariwisata Kabupaten Jayapura 2022.”

“Minat dari pemilihan putra dan putri pariwisata Yauw dan Enggo Kabupaten Jayapura tahun 2022 ini, sudah sangat banyak sekali kawula muda baik yang ada di Kabupaten Jayapura, juga dari Kota Jayapura, Keerom, Sarmi dan Mamberamo Raya yang ingin terlibat dalam event tersebut,” kata Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Putra dan Putri Pariwisata Yauw dan Enggo I Tahun 2022, Ny. Enauche Puraro Awoitauw, ketika ditemui wartawan media online ini, di Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis 19 Mei 2022.

Akan tetapi, kata perempuan yang akrab disapa Uche ini, dari pihak panitia membuka pendaftaran khusus untuk para kawula muda atau millenial yang ada di Kabupaten Jayapura.

Namun itu, Uche memaparkan, dari berbagai macam pertimbangan bagi orang (asli) Kabupaten Jayapura yang berada di daerah lain seperti di Kota Jayapura, Keerom, Sarmi dan Mamberamo Raya, yang ingin terlibat ini menjadi pertimbangan panitia pelaksana.

“Untuk memberikan respon tersebut, kami harus lakukan diskusi atau rapat bersama lagi guna memberikan keputusan. Apakah kami terima semua orang asli Kabupaten Jayapura yang berdomisili di daerah lain seperti Kota Jayapura, Sarmi, Keerom dan Mamberamo Raya yang ingin terlibat itu kami terima masuk dalam ajang ini atau seperti apa, itu kami akan diskusikan kembali bersama teman-teman panitia yang lain,” tuturnya.

Owner Uche Salon ini juga mengatakan, pendaftaran mulai dibuka besok tanggal 20 Mei – 15 Juni 2022 mendatang.

“Persiapan yang kami lakukan sudah berjalan dan sekarang sudah sampai pada tahap pembukaan pendaftaran. Jadi, besok ini kami sudah buka pendaftaran hingga tanggal 15 Juni 2022 mendatang,” ujarnya.

“Ayo putra dan putri Kabupaten Jayapura yang ingin menjadi putra putri terbaik pariwisata atau Yauw dan Enggo Kabupaten Jayapura, silahkan daftarkan dirinya dengan mengambil formulir di Salon Uche sebagai lokasi pendaftaran yang terletak di samping lampu merah Pasar Lama Sentani,” sambung Uche Puraro Awoitauw.

Menurut Uche untuk mendaftar ajang Yauw dan Enggo Kabupaten Jayapura tahun 2022 harus memenuhi beberapa persyaratan yang sudah ditentukan yaitu, Putra/Putri Kabupaten Jayapura, usia 16-25 tahun (terhitung Juni 2022), memiliki KTP Kabupaten Jayapura, Kartu Pelajar/Mahasiswa, Kartu Keluarga domisili Kabupaten Jayapura, tinggi badan untuk calon Yauw minimal 165 cm dan calon Enggo minimal 160 cm.

“Kemudian, pendidikan SMU/SMK, Mahasiswa/i dan Umum. Bebas narkoba, berkepribadian baik, berpenampilan menarik dan berwawasan luas, memiliki pengetahuan umum tentang Pariwisata dan Budaya Kabupaten Jayapura, serta belum pernah menikah dan tidak memiliki anak,” katanya.

Dia menambahkan, untuk wawancara atau interview dan seleksi pada tanggal 17-18 Juni 2022, pra karantina pada 22-25 Juni dan puncak malam grand final pada 25 Juni 2022.

“Kami akan lakukan wawancara atau interview pada 17-18 Juni, setelah itu akan masuk di tahap pra karantina. Jadi, 20 pasang Yauw dan Enggo atau para finalis akan dikarantina selama tiga hari mulai tanggal 22 hingga 25 Juni di Hotel Suni Garden Lake Sentani. Sebelum dimulai malam grand final, ada pra event dengan mengadakan pameran UMKM dari Perempuan Kreatif dan Pemuda Kreatif di Istora Papua Bangkit Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur,” katanya.

Ia berharap acara dapat terlaksana dengan baik, serta bagi putra dan putri Kabupaten Jayapura, baik yang ikut dan terpilih, dapat memiliki programnya sendiri untuk membangun dan mempromosikan Kabupaten Jayapura dengan baik.

“Jadi, komposisi panitia sudah lengkap dan juga sudah dikeluarkan SK oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura. Di mana, Dinas Pariwisata sangat mendukung sekali event tersebut, karena membawa nama baik pariwisata di daerah ini. Bahkan dari Kepala Dinas Pariwisata sampaikan kepada kami, bahwa event ini akan menjadi acara tahunan di Kabupaten Jayapura,” tukas istri dari Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Jayapura Esau Awoitauw ini.

Share to

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here