Minggu, Juli 21, 2024

50 Pengurus Koperasi di WP I dan II Ikuti Pelatihan Manajemen Pengelola Koperasi

Asisten II Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Jayapura Dra. Delila Giay, M.Si., didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura Haryanto, S.E., dan para tamu undangan lainnya, saat menoki Tiga sebagai tanda dibukanya kegiatan pelatihan manajemen pengelola koperasi bagi pengurus koperasi di wilayah pembangunan I dan II, yang berlangsung di Ballroom Lantai III Hotel Horex, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura. Senin, 5 Juni 2023

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Sebanyak 50 pengurus koperasi di Wilayah Pembangunan (WP) I dan II yang ada di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, mengikuti pelatihan manajemen pengelola koperasi, yang berlangsung di Ballroom Lantai III Hotel Horex, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin, 5 Juni 2023.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura, Haryanto mengatakan kegiatan pelatihan manajemen pengelola koperasi ini dilakukan selama empat (4) hari mulai dari tanggal 5-8 Juni 2023, sedangkan untuk peserta dari pengurus koperasi yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 50 orang.

“Untuk kendala yang dialami Dinas Koperasi dan UMKM bukan hanya di Kabupaten Jayapura saja, tetapi terjadi secara nasional dan banyak koperasi yang tidak menjalankan hierarki,” katanya ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan termasuk awak media online ini usai pembukaan pelatihan tersebut, Senin, 5 Juni 2023.

Lanjut Haryanto menyampaikan, bahwa setiap tahun pihaknya melakukan pelatihan  manajemen pengelola koperasi bagi pengurus koperasi yang ada di daerah ini.

Untuk kendala yang dihadapi, kata Haryanto, dari Dinkop & UMKM juga sangat terbatas, karena wilayah yang begitu luas dan jauh. Sedangkan petugas di lapangan sangat kurang dan terlebih di wilayah pembangunan III dan IV.

Dengan harapan, para pengurus koperasi mendapat wawasan, juga mampu mengelola keuangan di setiap koperasi masing-masing. “Sehingga ada gairah untuk koperasi bangkit lagi, yang jelas dari kami di Dinas Koperasi dan UMKM sudah sangat mendukung dengan berbagai kegiatan melalui pelatihan agar pelaku usaha dapat berkembang,” paparnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si., yang di wakili Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Jayapura Dra. Delila Giay, M.Si., mengatakan, seluruh pelaku usaha di dunia termasuk Indonesia mengalami gangguan, karena pandemi Covid-19 yang terjadi sekitar 2 tahun lebih ini.

“Yang berdampak pada perkembangan pelaku usaha atau pengurus koperasi, diantaranya berkurangnya permodalan, banyaknya karyawan yang di rumahkan yang berdampak pada pengurangan, berkurangnya pendapatan pada anggota koperasi itu sendiri,” demikian di sampaikan Pj Bupati Jayapura dalam sambutannya yang dibacakan oleh Delila Giay, pada pembukaan pelatihan tersebut, di Hotel Horex, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin, 5 Juni 2023.

Sesuai dengan data dari Kementerian Koperasi dan UMKM RI, pada tahun 2021 yang berdampak akibat Covid-19 di dominasi faktor eksternal seperti Koperasi Usaha Simpan Pinjam sekitar 41 persen, koperasi konsumen 40 persen dan Koperasi Produsen 10 persen.

Sedangkan untuk faktor internal seperti lapangan usaha koperasi sulit mendapatkan kelayakan usaha dan modal sendiri juga yang sangat kecil.

Kegiatan pelatihan manajemen pengelola koperasi bagi pengurus koperasi di wilayah pembangunan I dan II di Kabupaten Jayapura yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UMKM, untuk membangkitkan kembali semua pengurus koperasi memiliki semangat dan motivasi di setiap usah koperasi yang ada.

“Saya juga berharap bukan hanya di wilayah pembangunan I dan II, tetapi pelatihan ini juga bisa dilakukan bagi pengurus koperasi yang ada di wilayah pembangunan III dan IV. Supaya koperasi ini dapat berjalan, bersaing secara sehat dalam menjalankan koperasinya, terlebih kepada koperasi yang sudah tidak aktif,” pungkas mantan Kepala DPMPTSP Kabupaten Jayapura ini.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here