Rabu, Agustus 17, 2022

25 Calon Jamaah Haji Kabupaten Jayapura Diberangkatkan 28 Juni

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jayapura, Steven Wonmaly didampingi Penyelenggara Haji Kabupaten Jayapura Abidin saat dikonfirmasi wartawan

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Sebanyak 25 orang calon jamaah haji (Calhaj) asal Kabupaten Jayapura akan diberangkatkan ke tanah suci pada 28 Juni 2022 mendatang.

25 Calhaj ini dinilai telah memenuhi persyaratan dari berbagai indikator seperti usia, dokumen hingga pembiayaan administrasi, serta sudah mendapatkan vaksin Covid-19 secara lengkap maupun vaksin meningitis.

“Di tahun 2022 ini, kita bersyukur sekali bahwa Tuhan menjawab doa dari umat-Nya secara khusus umat Muslim dan terlebih khusus lagi calon jamaah haji yang akan menunaikan ibadah haji. Kita juga bersyukur calon jamaah haji diberikan kesempatan dapat menunaikan ibadah haji di tahun ini dan dari Kabupaten Jayapura kita akan memberangkatkan 25 orang jamaah calon haji,” ujar Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jayapura, Steven Wonmaly ketika ditemui sejumlah awak media diruang kerjanya, Senin 30 Mei 2022.

Lanjut Kepala Kemenag Kabupaten Jayapura Steven Wonmaly menjelaskan, jamaah calon haji Kabupaten Jayapura yang akan diberangkatkan ke tanah suci pada 28 Juni 2022 itu dalam satu kloter (kelompok terbang).

“Jadi kuota yang diberikan ke Kabupaten Jayapura sebanyak 25 ditambah 2 (dua) orang masuk cadangan 50 persen dari kuota awal. Dari 25 orang calon haji itu terdiri dari 13 orang wanita dan 12 orang laki-laki. Dalam persiapan keberangkatan tersebut, mereka juga sudah mendapatkan vaksin Covid-19 dengan dosis lengkap dan vaksin meningitis. Pada prinsipnya, mereka siap diberangkatkan. Kita berdoa mudah-mudahan sesuai dengan rencana mereka akan diberangkatkan di tanggal 28 Juni 2022 mendatang,” jelasnya.

Steven Wonmaly mengatakan, jumlah tersebut lebih rendah bila dibandingkan sebelum masa pandemi Covid-19 dan ini merupakan imbas dari kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah kerajaan Arab Saudi. Sehingga membuat jumlah calon haji asal Kabupaten Jayapura yang diberangkatkan, itu berkurang sampai 50 persen dari kuota sebelumnya.

“Sekarang jumlahnya hanya sekitar 50 persen dari jumlah kuota sebelum pandemi, sehingga totalnya sebanyak 25 orang ditambah dengan jumlah cadangan 2 orang,” ujarnya.

Kabupaten Jayapura setiap tahunnya sebelum adanya pandemi Covid-19, memberangkatkan calon haji sebanyak 50 hingga 60 orang. Namun pada tahun ini, hanya sebanyak 25 orang calon haji yang diberangkatkan. Walaupun begitu, Steven juga menganggap calon haji yang akan berangkat pada tahun ini cukup istimewa.

Hal tersebut dikarenakan jamaah haji asal Indonesia sempat tidak bisa berangkat selama dua tahun. “Sehingga harus bisa menjalankan ibadah haji dengan baik. Karena yang berangkat ini, merupakan orang-orang yang beruntung,” ujarnya.

“Kita masyarakat di Kabupaten Jayapura khususnya umat Muslim dan terlebih khusus lagi jamaah calon haji patut bersyukur, karena mereka boleh berangkat sebanyak 25 orang. Harapannya, pandemi Covid-19 ini cepat berlalu dan diberikan banyak kemudahan untuk bis berangkat. Sehingga kami bisa memberangkatkan jamaah calon haji sebanyak 25 orang,” sambungnya.

Steven menambahkan rencananya calon haji asal Kabupaten Jayapura itu hanya satu kloter dan masuk Embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan.

Untuk itu, Steven Wonmaly mengimbau kepada calon jamaah haji asal Kabupaten Jayapura agar menjaga kesehatannya.

Sebab, para CJH tidak lama lagi akan diberangkatkan ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji.

“Sekarang ini di Arab Saudi memasuki musim panas, bahkan nanti disaat pelaksanaan ibadah hingga puncak haji, cuaca disana diperkirakan bisa mencapai 50 derajat celcius,” katanya.

Melihat kondisi cuaca yang cukup panas tersebut, pihaknya mengingatkan kepada para jamaah calon haji Kabupaten Jayapura agar mempersiapkan diri dengan kondisi tersebut. Di antaranya adalah dengan memperhatikan asupan gizi dan kondisi kesehatan jelang keberangkatan. Serta biasakan diri untuk beradaptasi dengan situasi yang ekstrim, suhu udara yang ekstrim.

“Kami imbau jamaah calon haji Kabupaten Jayapura ini tetap berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar kesehatan kita semua tetap terjaga. Tetapi, juga kita perlu untuk menjaga kesehatan dengan baik,” imbuhnya.

Selain itu, jamaah juga diminta untuk bersikap disiplin dengan protokol kesehatan, segera memenuhi persyaratan yang diminta dalam pelaksanaan ibadah haji.

“Hal-hal apa yang menjadi ketentuan oleh pemerintah itu harus diikuti dengan baik. Saya minta jamaah Kabupaten Jayapura dalam menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi,” tukas Kepala Kemenag Kabupaten Jayapura Steven Wonmaly didampingi Penyelenggara Haji Abidin.

Share to

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here