Jumat, Oktober 18, 2024

Pelatihan Pengelolaan dan Pengembangan Desa Wisata Angkatan 1 di Distrik Yokari

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Kementerian Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemberdayaan Masyarakat Desa daerah tertinggal dan transmigrasi melakukan Pelatihan Pengelolaan dan Pengembangan desa wisata angkatan 1 Distrik Yokari Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua yang berlangsung dari tanggal 17 – 20 Juli 2024.

Pelatihan Pengelolaan dan Pengembangan desa wisata angkatan 1 Distrik Yokari secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura yang diwakili Sekretaris Dinas, Benyamin Yarisetouw, S.E., M.Par.

Benyamin Yarisetouw dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini penting dalam pengelolaan dan pengembangan desa wisata untuk mendukung perekonomian daerah dan mempromosikan potensi wisata  kepada wisatawan.

Sementara itu, Kepala Distrik Yokari, Lambert Ortumilena, SP mengatakan pelatihan ini merupakan langkah strategis dalam memberdayakan masyarakat lokal untuk mengelola potensi wisata yang ada di wilayah mereka.

“Adanya pelatihan ini, diharapkan masyarakat Distrik Yokari mampu mengembangkan desa wisata yang berkelanjutan dan mampu menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara,” ujanya.

Untuk kegiatan ini dilakukan selama tiga hari, di mana para peserta pelatihan akan mendapatkan materi tentang berbagai aspek pengelolaan desa wisata seperti, manajemen destinasi, pemasaran pariwisata, pelestarian budaya dan lingkungan.

Lambert Ortumilena berharap Pelatihan Pengelolaan dan Pengembangan desa wisata angkatan 1 Distrik Yokari mampu meningkatkan kapasitas dan keterampilan masyarakat dalam mengelola desa wisata, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian bagi masyarakat.

“Tidak hanya itu, pelatihan ini juga menjadi ajang bagi peserta untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan, serta membangun jaringan kerja sama yang dapat mendukung pengembangan desa wisata di Kabupaten Jayapura dengan tujuan memajukan pariwisata di Kabupaten Jayapura, Papua, khususnya di Distrik Yokari,” jelasnya.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here